Kamis, 21 Juli 2016

Tips Memanggang Kue dengan Oven

Memanggang kue dengan oven



Oven merupakan alat terpenting untuk kebutuhan baking maka dari itu diperlukan oven kue yang bagus yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar hasil kue memuaskan. Namun tidak jarang pemakaian oven kue yang salah yang menyebabkan kue bantet atau gosong saat selesai dipanggang. Nah, berikut adalah tips menggunakan oven dengan cara benar untuk memanggang kue agar hasil sempurna.
Hindari membuka oven pada saat pemanggangan
Pada saat memanggang kue sebaiknya jangan melakukan hal satu ini untuk mengecek apakah adonan sudah berstrektur atau belum. Karena bila Anda melakukannya akan mempengaruhi suhu di dalam oven dan akan membuat hasil kue bantet dan keras. Sebaiknya sebelum memanggang Anda sudah tau pada suhu berapa adonan dipanggang dan berapa lama waktunya.
Panaskan oven sebelum memanggang
Sebelum tahap memanggang pastikan bahwa suhu oven sudah sesuai dengan keinginan Anda. Ini merupakan langkah yang benar bila ingin memanggang kue. Jangan masukan adonan terlebih dahulu baru mengatur suhunya. Sebelum Anda mulai memanggang kue, panaskan dulu oven hingga mencapai suhu 2000 C. Saat Anda mulai melakukan pemanggangan, turunkan sedikit suhu oven menjadi 1800 C.
Pahami penggunaan oven konvensional
Untuk yang menggunakan oven konvensional atau oven tangkring, pilihlah oven dengan wadah penempatan arang di bagian atas oven tersebut. Menggunakan arang panas di bagian atas oven penting untuk menjaga kestabilan suhu oven dari bagian bawah maupun atas. Gunakanlah arang berkualitas yang mampu menciptakan panas yang stabil dan tidak banyak menghasilkan sisa pembakaran.
Jauhkan adonan kue dari oven
Hal ini harus diperhatikan agar adonan Anda tidak meleleh sebelum dipanggang. Bila Anda sudah terlanjur menaruh adonan di dekat oven yang sedang dipanaskan maka tidak heran bila hasil kuenya tidak mengembang sempurna dan menjadi bantat.
Selain oven kue yang bagus dan beberapa tips di atas, Anda juga perlu ketelitian  pada saat proses pembuatan kue dan tepat meramu adonan. Jangan sampai kue yang Anda buat untuk usaha Anda atau mungkin untuk konsumsi keluarga memiliki rasanya aneh atau kurang enak.

-SUC-

1 komentar:

  1. Terima kasih atas inspirasinya! Untuk menghasilkan makanan yang sehat serta lezat, pastikan Anda menggunakan peralatan memasak dengan kualitas terbaik.


    Oxone

    BalasHapus