Rabu, 27 Juli 2016

Tips Membersihkan Mesin Pembuat Mie


Cara perawatan mesin adonan mie

Mesin adonan mie sangat diperlukan dalam proses pembuatan mie. Perannya yang cukup krusial untuk bidang bisnis kuliner utamanya mie ayam dan olahan mie lain membuat cara perawatannya juga cukup penting diketahui oleh para pengguna. Anda tidak mau kan mesin mie milik Anda sampai berkarat bagian mesinnya. Pastinya itu akan berimbas pada produk mie buatan Anda. Jika sudah begitu bagaimana mengatasinya? Tidak usah kwatir kami akan bagi tips mengatasi mesin adonan mie yang berkarat.

Cara pertama, Anda bisa gunakan spons aluminium dan minyak goreng. Gosokan bagian mesin yang berkarat dengan menggunakan spon almunium yang sudah diolesi minyak sampai karat-karatnya terkelupas. Setelah itu Anda bisa mengelapnya dengan kain bersih. Selain itu mengangkat karat, minyak goreng juga bisa dijadikan sebagai pelumas untuk mesin.
Cara kedua, menggunakan adonan mie. Loh memang bisa adonan roti mengangkat karat-karat pada mesin? Tentu bisa karena sifat adonan tepung yang lengket maka akan membuat karat-karat di dalam mesin penggiling yang tentu susah sekali digapai menempel. Maka dari itu sangat penting membersihkan karat pada mesin agar kualitas produk tetap terjaga. Buatlah adonan 50 gram tepung terigu berprotein tinggi dengan tambahan air panas 5 sendok makan. Uleni adoan tersebut sampai adonan menjadi elastis. Bila adonan masih terlihat kering tambahkan sedikit demi sedikit air panas. Lalu lakukan peggilingan adonan mie secara berulang-ulang hingga karat menghilang.
Cara ketiga, adalah pembersihan rutin setiap kali mesin selesai dipakai, caranya dengan bersihkan mesin adonan mie dengan kain yang sudah diberi sedikit air dan sabun. Selesai membersikan bagian-bagian mesin lap dengan kain sampai mesin benar-benar kering dan simpan di ruangan yang tidak lembab.
Nah, begitulah cara merawat mesin adonan mie. Lebih baik rutin melakukan perawatan tiap hari setelah mesin dipakai. Dengan begitu akan memperkecil kemungkinan mesin korosi atau berkarat. Lakukan pelumasan seminggu sekali jika mesin sangat seing digunakan.  
-SUC-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar