Senin, 25 September 2017

Adonan Mie Menggumpak dan Terlalu Lembek? Coba Cara ini




Salah satu problem dalam membuat mie adalah gejala Menggumpal dan tidak matang sempurna. Nah kali ini kita akan membahas mengapa hal tersebut kerap terjadi apabila anda membuat adonan mie sendiri. Sebenarnya masih banyak penyebab lain yang membuat hidangan mie yang kita buat di luar ekspektasi, seperti warna yang kurang bagus, kelembekan atau tekstur mie tidak kenyal. Hal tersebut memang terkesan sepele, namun jika anda ingin hasil yang sempurna tentu anda harus pahami terlebih dahulu penyebabnya.


Cara membuat mie sendiri sebenarnya cukup mudah, anda bisa mencari bahan dan resepnya di internet atau di beberapa buku resep masakan rumahan. Setelah mencetak adonan dengan menggunakan mesin mie, serlanjutnya yang harus kita pahami ketka mengolah adonan mie adalah :



  • Teknik Merebus

Teknik merebus terkesah remeh dan mudah di lakukan, tapi tahukah anda apabila teknik ini gagal di lakukan maka hasilnya tentu akan membuat mie jadi under cook atau over cook. Nah untuk menghindari mie menjadi lembek atau lodoh maka anda harus perhatikan benar manajemen pengapian pada kompor. Jika anda kurang paham betul cara mengatur pengapian yang benar pada saat perebusan,maka hal yang bisa anda lakukan adalah metode melihat didihan air rebusan.  Cara paling sederhana adalah ketika rebusan sudah mendidih dan mengeluarkan gelembung, maka itulah saat yang tepat anda merebus adonan mie. Lakukan paling lama 5-7 menit lalu angkat.


  • Olesan Minyak

Cara yang ini terkesan tidak berguna bagi sebagian orang, tetapi tahukah anda? Pengolesan minyak ada mie ternyata dapat membuat cetakan mie tidak lagi menggumpal. Anda bisa menggunakan minyak sayur/zaitiun, kemudian di teteskan kedalam sajian mie yang sudah di rebus. Aduk dan ratakan. Selain itu anda juga bisa menteteskan minyak kedalam air yang akan di pakai untuk merebus adonan


  • Perendaman

Hal terakhir yang sering kali luput dari pengamatan adalah teknik perendaman. Kalau kamu tidak ingin mienya berminyak, kamu bisa gunakan cara lain agar mie tidak menggumpal, yaitu dengan merendam mie ke dalam air dingin setelah direbus. Angkat dan tiriskan mie yang sudah direbus, kemudian langsung masukkan dalam air dingin selama 1 menit saja. Setelah itu, tiriskan mie dan kamu dapat mengolahnya lagi tanpa takut mienya menggumpal, sederhana bukan?

Beberapa teknik di atas sangat cocok di aplikasikan untuk beberapa jenis mie, sebut saja mie telor,mie kuning,mie jepang,mie korea dan beberapa mie lainnnya. Anda juga berkreasi dengan menggunakan teknik dan resep modifikasi para chef restoran dengan mesin cetak mie profesional tanpa harus takut resiko gagal. Oke semoga info tips dan trik kali ini berguna untuk anda. 

Selama mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar