Kamis, 03 Mei 2018

Cara Membuat Donat Alfabet Untuk Kebutuhan Pesta,Mudah Kok


Cara Membuat Donat 


Cara membuat donat dengan kentang merupakan resep yang paling mudah untuk dilakukan di rumah. Donat merupakan penganan yang memiliki bentuk unik dan rasa yang lezat. Saat ini sudah banyak kedai yang menjual donat. Tidak heran banyak orang terutama para ibu mencari resep cara membuat donat karena rasanya yang lezat. 



Berbicara resep cara membuat donat, penggunaan kentang seringkali dijadikan bahan utama di industri rumahan. Kentang dapat memperpanjang waktu pengonsumsian pada donat. Selain itu, donat yang menggunakan kentang juga lebih sehat karena mengandung kandungan karbohidrat dan yang lainnya.

Saat ini, mungkin hampir tidak ada orang yang belum mengenal. Donat dikenal melalui bentuknya yang unik, yaitu seperti cincin dengan ukuran besar dan gempal. Bentuknya yang unik inilai yang menarik perhatian masyarakat untuk mengonsumsinya. 


Beberapa kedai donat ternama kini semakin memudahkan Anda. Berbagai kedai donat tersebut seperti Dunkin’ Donut dan J.CO Donuts pasti bukan suatu nama yang asing untuk Anda bukan? Selain kedua kedai besar tersebut, juga ada kedai Donat Madu. Donat Madu ini biasanya mudah Anda temukan di beberapa titik pinggir jalan raya dengan harga yang murah meriah.



Banyaknya variasi bahan dalam mengolah donat semakin membuat penganan ini digilai penggemarnya. Tekstur empuknya membuat kita tidak bosan untuk dikonsumsi. Itu mengapa banyak orang yang penasaran untuk mencari cara membuat donat.
 

Nah, selain tambahan variasi bahan, donat juga memiliki jenis bentuk yang beragam selain cincin. Apakah Anda pernah melihat donat dengan deretan huruf? Donat dalam bentuk huruf ini disebut dengan donat alfabet. Permintaan donat alfabet ini akan memuncak biasanya untuk pada saat-saat tertentu, seperti sebagai kue ulang tahun, wisuda, pesta, dan lain-lain.


Momen ulang tahun biasanya paling banyak menggunakan donat alfabet daripada kue tart. Selain harganya yang murah, donat alfabet dapat merangkai nama dari teman yang ulang tahun, sehingga akan sangat berkesan bukan? Lalu bagaimana ya cara membuat donat unik ini?

 

Resep Donat Alfabet


Bahan-bahan

·         1/2 kg terigu

·         4sdm mentega

·         4sdm gula halus

·         200cc air matang

·         3sdm susu bubuk

·         11gr permifan

·         2btr telur

·         2 liter minyak goreng

·         2sdt garam

·         11gr ragi

·         100gr cokelat putih

·         100gr cokelat pekat

·         1bks messes


Cara membuat donat alfabet

  • 1.      Kocok telur menggunakan mixer roti hingga mengembang dan tercampur rata.
  • 2.      Tambahkan susu, mentega, terigu, garam, dan gula. Lalu aduk kembali menggunakan mixer roti.
  • 3.      Dalam wadah berbeda larutkan ragi dengan air matang. Lalu aduk hingga ragi benar-benar larut.
  • 4.      Setelah ragi larut, tuangkan ke adonan pertama tadi. Kemudian aduk kembali hingga menyatu dan merata.
  • 5.      Berikutnya uleni hingga kalis. Lalu siapkan wadah kedap udara untuk proses fermentasi adonan selama 25 menit.
  • 6.      Setelah 25 menit dan donat sudah mengembang keluarkan. Lalu kempiskan menggunakan roll. Anda juga bisa langsung menggunakan cetakan alfabet.
  • 7.      Sebelum diecetak, siapkan loyang yang sudah dilapisi tepung untuk menyimpan adonan yang sudah dicetak nantinya.
  • 8.      Setelah itu cetak sesuai huruf yang Anda inginkan. Berikutnya panaskan minyak selama 10 menit.
  • 9.      Selanjutnya Anda bisa menggoreng donat menggunakan api sedang.

  • 10.  Sedangkan untuk membuat topping, lelehkan semua cokelat kecuali meses dengan cara ditim

 Lukiskan atau oleskan lelehan ke donat sesuai keinginan Anda.


Cara bikin donat alfabet di atas sebenarnya sama saja dengan pada umumnya. Namun, karena menginginkan bentuk huruf, setelah diuleni langkah berikutnya dengan mencetak donat menyerupai bentuk huruf. Agar lebih memudahkan Anda, gunakanlah cetakkan khusus mesin roti yang dijual di toko penjualan bahan-bahan kue.



Menggunakan cara manual untuk membentuk huruf sebenarnya juga bisa. Anda bisa membentuk dan memberi sudut sendiri sesuai huruf. Namun, jika belum profesional bentuk huruf biasanya gagal dan tidak presisi. Hal tersebut tentu akan memengaruhi cara membuat donat alfabet. Alhasil, tampilan menjadi tidak menarik. Jadi, lebih baik Anda menggunakan cetakkan saja ya sobat. 



(Zakiah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar