Selasa, 21 Juli 2020

Membuat dan Mengolah Bakso Ikan Tanpa Mesin Bakso Profesional


Mesin Bakso

Bakso merupakan salah satu jenis makanan yang berbahan dasar daging sapi segar. Karena sifat dan rasanya yang unik, maka tak pelak bakso sering kali di olah menjadi menu makanan utama ataupun makanan tambahan. 

Banyak sekali orang yang menyukai bakso, terlebih lagi bakso dengan jenis daging sapi yang di sajikan dengan kuah kaldu segar. Gak hanya di sajikan secara individu, bakso juga bisa di sajikan kedalam menu makanan lain sebagai bahan tambahan. Sebagai contoh menu nasi goreng, capcay, sayur sop,dll.




Hanya saja untuk beberapa jenis bakso tersebut tidak bisa seutuhnya menggunakan bahan daging sapi. Ada beberapa jenis bakso pelengkap yang menggunakan bahan baku daging lain seperti daging ikang, ayam, babi, dll. Penggunaan daging bakso sebagai bahan tambahan sejatinya memang sudah sangat wajar dan familiar.

Baik di kalangan ibu-ibu rumahan hingga chef resto terkenal sudah mahfum menggunakan bakso sebagai bahan tambahan di dalam menu utama mereka. Salah satu jenis bakso paling di sukai adalah bakso ikan, mengapa harus bakso ikan?

Bakso ikan sendiri disukai sebagai bahan tambahan karena dari segi warna serta rasa di percaya cukup unik. Bakso ikan sendiri tak seperti bakso sapi yang mempunyai tekstur padat dan kasar, bakso ikan lebih mirip seperti otak-otak. 

Kenyal, lembut serta aroma dari bahan daging ikannya begitu terasa. Nah hal inilah yang membuat bakso ikan masuk kedalam list utama sebagai bahan menu tambahan.

Nah gimana siy cara mengolah bakso ikan yang baik dan benar sebagai menu utama dan tambahan? Oke jangan khawatir karena resep di bawah ini akan membantu anda mengolah bahan bakso ikan sebagai makanan yang enak dan lezat.

Dalam pembuatan bakso ikan, paling ideal kita membuat baksonya sendiri dahulu, ya kita membuat bakso ikan menggunakan bahan-bahan pilihan yang mudah kita dapatkan sehari-hari.

Bahan-Bahan:
  • Bahan utama yang kita butuhkan paling dasar adalah Ikan. Nah untuk penggunaan ikannya sendiri anda bisa memilih antara ikan tenggiri atau ikan lele. Kedua ikan ini di pilih karena mempunyai tekstur daging putih yang lembut, gurih serta beraroma baik.
  • Bawah putih 3-4 siung
  • Siapkan batu yang telah di serut halus, es batu di gunakan sebagai campuran blender dengan bahan bakso lainnya
  • Tepung sagu / tapioca. Tepung ini di gunakan sebagai bahan penguat adonan, biasanya takaran yang paling ideal adalah 2-3 sendok makan
  • Telur ayam 2 butir, ambil putihnya lalu simpan pada lemari pendingin sebelum di mix dengan bahan-bahan di atas.
  • Gula pasir
  • Merica bubuk, di gunakan sebagai penguat rasa pada adonan.
  • Air
Setelah bahan-bahan di atas siap, anda bisa lanjut untuk ke tahapan selanjutnya yakni cara membuat adonan bakso ikan.

  • Langkah awal / langkah dasar yang anda harus lakukan adalah membuat adonan yang terdiri dari ikan (tenggiri/lele/kakap/tuna), putih telur,bawang putih,garam, gula 2sdm,lalu tambahkan es serut sedikit demi sedikit ke dalam mixer daging. Haluskan hingga semua bahan adonan merata sempurna
  • Setelah adonan tecampur merata sempurna, tuang kedalam sebuah wadah plastic.
  • Masukan tepung sagu sambal di aduk aduk berputar searah jarum jam, lakukan hal ini selama berulang-ulang kurang lebih 5 menit hingga seluruh adonan tercampur rata. Nah untuk mencapa kekenyalan sempurna, anda harus teliti dalam menggunakan campuran tepung sagu / tapioca. Jika di rasa adonan masih terlalu lembek maka tambahkan sedikit demi sedikit hingga mencapai kekenyalan ideal.
  • Langkah selanjutnya panashkan air di dalam panci secukupnya
  • Setelah adonan kalis anda sudah mulai bisa mencetak nya hingga berbentuk pentol. Nah untuk mencetak adonan ini di sarankan menggunakan alat cetak bakso / mesin bakso modern. Mengapa? 


  • Karena dengan menggunakan mesin ini anda bisa mencetak pentol bakso puluhan kali lebih cepat. Namun jika di rasa alat ini terlalu mahal bagi anda, anda bisa menggunakan cara konvensioal. Cara konvensional dalam mencetak adonan pentol bakso bisa menggunakan sendok makan atau dengan tangan kosong sekalipun. Untuk tips dan triknya akan kita coba bahas di artikel lainnnya.
  • Setelah bakso pentol di cetak, selanjutnya anda tinggal memasukan cetakan bakso kedalam panci rebusan air. Owh ya jangan lupa untuk menggunakan api kecil ya, jadi jangan memasukan bakso kedalam panci yang masih mendidih.
  • Setelah adonan bakso di rebus, anda bisa lihat bakso ikan yang anda olah akan mengambang, nah hal ini menandakan bakso pentol yang anda cetak telah siap untuk di olah / di santap.
  • Angkat lalu tiriskan.
Nah bagaimana? Mudah bukan membuat bakso ikan untuk bahan campuran makanan utama. Hal yang paling sulit dari pembuatan bakso ikan di atas adalah dalam proses pencetakan. 

Karena dalam mencetak bakso pentol yang bagus memerlukan sedikit keterampilan. Terlebih lagi jika anda mengerjakannya hanya dengan tools seadanya tanpa mesin bakso professional.

Oke semoga artikel ini berguna untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar